Kenapa Calon Pengantin Wajib Suntik TT Sebelum Menikah


Seiring berkembangnya zaman, peraturan yang mengatur warga negara selalu berubah, termasuk yang berkaitan dengan pernikahan. Kenapa Calon Pengantin Wajib Suntik TT Sebelum Menikah ?? Belakangan, ada peraturan baru yang mewajibkan para calon pengantin perempuan untuk melakukan suntik tetanus toksoid (TT), sebagai salah satu syarat untuk menikah. Suntik TT adalah rangkaian dari premarital tes atau tes kesehatan pranikah.
 

Baca Juga :  Trik mengenalisa akun twitter telah di hack Dan cara mengantisipasinya


Kebijakan yang mewajibkan vaksinasi ini memang sudah dikeluarkan sejak tahun 1986, dan semakin disempurnakan dari waktu ke waktu. Surat keterangan telah menjalani suntik TT akan menjadi salah satu syarat dalam berkas pernikahan yang didaftarkan ke KUA. Adapun aturan ini memang bukan dibuat tanpa alasan.

Sejak beberapa dekade lalu, pemerintah memang sudah getol melakukan berbagai usaha untuk memberantas penyakit tetanus. Kegiatan ini memang menjadi salah satu rencana jangka panjang untuk menunjang usaha tersebut. Memang, sebelumnya tingkat kematian bayi akibat tetanus berada di angka yang meresahkan, sehingga berbagai cara ditempuh untuk memusnahkannya.

 

Baca Juga : Template Halaman login Mikrotik Gratis 

Suntikan TT sendiri sebenarnya telah didapatkan di masa kecil. Namun mengingat tingginya angka kematian akibat tetanus yang terjadi pada tahun 1980, pemerintah sengaja mencanangkan hal ini. Menurut data, penyakit ini memang menduduki posisi teratas penyebab kematian pada bayi di bawah satu bulan. Setiap bayi yang positif menderita penyakit kemungkinannya hampir 100 persen berujung pada kematian. 

"Vaksinasi tetanus pada perempuan yang hendak menikah akan meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi tetanus. Kekebalan tubuh itu akan 'diwariskan' kepada bayinya ketika proses persalinan. Jadi bayi yang baru lahir aman dari infeksi tetanus," ungkap Dr Siti Slaima, Sp.OG, ahli kandungan dari RS Pantai Indah Kapuk Jakarta, sebagaimana dilansir dari Kompas.

 

Baca Juga : FREEFIRE MOD APK UPDATE NO ROOT NO BAN

Penyakit tetanus memang telah menjadi masalah internasional. Menurut data WHO, angka tetanus di negara berkembang 135 kali lebih besar dari negara maju. Biasanya penyakit ini terkait dengan masalah kebersihan. Salah satu penyebab paling umum adalah penggunaan alat kebidanan yang tidak steril daat proses persalinan sehingga berimbas pada bayi. Nah, sudah tahu kan manfaat suntik TT sebelum menikah? Jangan sampai dilewatkan ya!

Comments